Sekolah Sederhana - KAIL

7 Jun 2015

94cef6ab2b42513eb4fee3559f4c8402_dscn0628

Kail

SD IT Insan Madani

tidak memberi Ikan tapi KAIL

Motto SD IT Insan Madani BBM: Berakhlak, Berilmu dan Mandiri

Febby Cahya Triandra Kepala Sekoalah SD IT Insan Madani

SD IT Insan Madani persis terletak dipesisir Samudera Hindia. Bukan berarti kita mengajarkan anak-anak jadi nelayan. Bukan. Ungkapan ini memiliki arti dan nuansa yang mendalam. Suri teladan adalah jawaban untuk setiap jaman.

Suri teladan berusaha dikedepankan. Etos Kerja Tinggi dan Disiplin serta Ikhlas berbuat. Pagi hari jam 07.00 harus ada disekolah. Mempersiapkan kelas. Maklum burung walet adalah aspek tak menyenangkan bagi kelas Umar bin Khattab karena baunya yang menyengat dan harus membersihkan kotoran dan juga uap laut yang hinggap dimeja dan kursi kelas serta ruang guru. Tiap berangkat dan pulang. Kami lakukan tanpa keluh kesah. Alhamdulillah, teman-teman saat ini sangat mendukung.

Kami menetapkan Kurikulum Keagamaan lebih banyak dari sekolah lain. Kami menggunakan kitab Minhaj ath-Thifl al-Muslim fi Dhau al-Kitab wa as-Sunnah. Karya Abu Amr Ahmad Sulaiman. Siroh, Bahasa Arab, Bahasa Inggris membuat buku sendiri. Kemandirian kami usahakan walau kesulitan terbesar adalah faktor donator. Adakah donatur yang berkenan membantu bapak ibu untuk terus memutar roda pendidikan Islami ini? Allah semoga mengetuk pintu hati anda berdasar keikhlasan hati bukan faktor kebutuhan lain. Yaa Allah mudahkanlah urusan kami. Kami enggan untuk menengadahkan tangan karena kami tahu tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah. Allah menyukai amalan yang sedikit namun istiqomah.

Pagi diawali membaca doa bersama. Dilanjutkan program ODOA (One Day One Ayah). Menghapal Al Quran . Dilanjutkan menghapal hadist dari Riyadush Shalihin nya Ibnu Hajar Ats Qalani. Doa dalam Al Quran dan Doa harian dilanjutkan adab-adabnya. Semuanya ditempuh dalam 2 bulan untuk tiap BAB. Terdapat 18 BAB untuk usia Sekolah Dasar. Maka jika tidak ada halangan maka 18 Bab tersebut diselesaikan dalam waktu 3 tahun. Begitupun Buku Jilid 2. Tahukah orangtua siswa jika kita mewajibkan anak kita menghaal 2 baris Al Quran setiap hari dan 2 hadist (misalnya) dari kitab Riyadush Shalihin maka hasil 6 bulan saja adalah: Hafal Al Quran Juz Amma (juz 30) secara penuh dan 52 hadist dari kitab Riyadush Shalihin. Dan seterusnya. Inilah yang kita coba turunkan secara berkala baik kepada Guru dan Siswa kami.

Kami pulang jam 14.00. Guru tetap ditempat untuk hapalan Quran yang telah dihafal oleh anak-anak lalu dilebihkan satu hingga 2 ayat bagi guru yang mengajar kelas. Dilanjutkan Tilawah atau baca Al Quran masing-masing 2 ayat mulai dari Al Baqarah dan KulTim(Kuliah Tiga Menit) membahas tentang Pendidikan, adab, perbaikan sikap,dll yang dilakukan bergantian tiap hari hingga pukul 15.00 kadang sampai Ashar karena dilanjutkan dengan Diskusi kasus atau evaluasi siswa dan guru setiap hari. Banyak manfaatang kami dapat y. Melelahkan namun banyak terjadi perubahan!

Setiap kejadian dan setiap perubahan adalah milik Allah Sang Pembolak Balik hati. Namun ditengah sulitnya menjalani dan rutinitas yang padat tiap-tiap guru mampu menjalani dengan baik. Memisahkan antara kepentingan pribadi dan profesionalisme. Sekolah dan etos kerja tinggi diperoleh jika: Atmosfir sekolah mendukung, kesejahteraan terpenuhi, teman sejawat saling menguatkan bukan sebaliknya dan kondisi sekolah yang menyenangkan. Jika satu satu saja tidak ada maka yang terjadi adalah etos kerja rendah pada sebuah sekolah. Berakit rakit kehulu berenang renang ketepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

Luwih becik mikul dhawet rengeng-rengeng ketimbang numpak sedan matane mbrebes mili. Banyak orang yang tertawa didepan tetapi pada akhirnya hidupnya penuh derita airmata.

KH. Ahmad Sahal


TAGS


-

Author

Seorang Guru. Bukan Ustadz. Yang hanya ingin berbagi ilmu dan kemanfaatan bagi sesama. Guru mantan musisi rock n roll yang ingin berguna bagi agama dan negara. Ingin mendekat pada Rabb Semessta Alam tanpa harus menjadi manusia munafik.

Follow Me