Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas untuk Sekolah2 di Jakarta

3 Oct 2012

Saat melihat banjir akibat sampah, banyak ide bersileweran dikepalaku…sebagai seorang guru yang dituntut untuk selalu kreatif dan inovativ haruslah selalu kinerjanya bermanfaat. Ide itu simple saja: kenapa ya sekolah2 kita lebih senang menjejalkan sesuatu yang besar dan teoritis? tetapi akhirnya melahirkan pemikir saja…mikir aja pekerjaannya…harus sesuai dengan kaidah ini,teori itu…tapi saat mikir Jakarta dah banjir setinggi leher…hanya teriak HELP…HELP

Coba kalau guru kita dan ekstra kita diganti dengan sesuatu yang tak harus beli dan menghemat kantung dan malah menghasilkan, bahkan melatih otak dan sikap kita menjadi pribadi yang inovatif dan mandiri? semua bisa didapat dengan segala sesuatu yang tak terpakai dirumah kita? sesuatu yang “KECIL” akan menjadi “BESAR” bila kita mau beruaha…

Coba kalau diganti dengan pemikiran seperti aku ini nih…hehee….(ini namanya promosi). Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan sampah! aku kasih tahu ya nih contohnya …

4c313e71d8d70eb51c6fcf61fb8e42e7_tutup-botolfd9f3dc9e33379db3556b156324a8faa_lampu-hias-dari-botol-bekas

7cb33ab9885f67f375ca20a9897f5c10_lebah-1

Nah itu satu contoh dari puluhan bahkan ratusan ide pada botol plastik…gambar tengah itu juga bisa jadi solusi lho untuk daerah yang sering mengalami pemadaman lampu…hehe….terlihat keren saat dipasang dirumah, terlihat klasik banget, hanya butuh pilog ama sedikit kreativitas aja…

Belum lagi sampah kertas yang sangat menumpuk, setidaknya kita tuh jadi pemecah solusi, yang agak pinteran dikit gitu sebagai manusia yang dikarunia akal yang full of idea….gak hanya jadi tukang demo dan tukang bakar2 sampah yang mana jalan udah macet, jadi tambah panas, yang kumuh jadi tambah kumuh, pakai acara bakar ban, bom molotov…akh…malu kita sebagai negara yang merdeka lebih dari 50 tahun! Dan kasihan bapak dinas kebersihan yang gajinya g seberapa tetapi malah jadi korban kalian yang sering demo…HADUHHH…gak kasihan tah kalian nih, itupun sudah menandakan kalian tak peduli lingkungan…OMDANG!

Coba kamu liat sampah depan rumahmu, kardus, botol,gelas plastik, pernahkah berpikir kalau itu mampu dijadikan uang? kutak kutik dirumah, wirausaha, tinggal mikir dikit, jadi duit, nih kukasih contoh kerajinan dari kardus dan koran sepatu yang hanya perlu disentuh dikit aja dengan akal kita….

188ff309301953b5ce6c79802cc63270_blog_paper_toy_papertoy_emotional_jack_accessoires-1f5de4f2dfef955669d5948b5f22ba33c_duet

Udah deh, hari gini masih suka NGOMDANG…NGOMONG DOANG? C’mon…kerja, ambil gunting,cutter, beli lem,and try it! Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum/manusia jika ia sendiri tak mau berubah….C’MON AND LET’S DO IT NOW !!!!


TAGS


-

Author

Seorang Guru. Bukan Ustadz. Yang hanya ingin berbagi ilmu dan kemanfaatan bagi sesama. Guru mantan musisi rock n roll yang ingin berguna bagi agama dan negara. Ingin mendekat pada Rabb Semessta Alam tanpa harus menjadi manusia munafik.

Follow Me