Becik Kethitik, Olo kethoro.

29 Jun 2012

Benarlah kiranya kata orang terdahulu…Becik Kethitik, Olo kethoro.

Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga…

Mengatakan dirinya adalah sumber ilmu terbaik dan menguasai hajat hidup banyak orang

namun kenyataannya adalah pusat pendidikan sekarang ini banyak yang brengsek…

hanya cari provit…karena alasan perut dan popularitas semata!!!

jayalah kerusakan dan kebobrokan kita…dan kita sebagai ortu mendukungnya tanpa kita sadari….

lebih mementingkan akademiknya daripada moral dan agamanya…

padahal penyelamat hidup mereka adalah pemahaman yang baik pada agama mereka…bukan hanya BAIK…tapi diatas itu….BAIK saja takkan cukup!

Sepandai2nya guru merasa pandai dan merasa diatas angin…

makin bodohlah ia….

makin sempit otaknya…

makin sempit hatinya…

Beda orang Pintar dan Bodoh itu hanya seperti seutas benang…

Orang yang merasa dirinya bodoh pasti akan merasa kurang dan selalu mencari hal2

yang membuatnya menjadi lebih baik….

jika orang merasa pintar…wait…pasti STUCK!!! karena ia merasa pintar dan gak perlu lagi belajar!

Klau urusannya begini….Gawat….

Begitu pula kita sebagai tenaga pendidikan yang seharusnya meletakkan murid kita

yang di amanahkan pada kita dengan baik dan penuh tanggungjawab dan rasa cinta…

karena sebagai guru kita adalah prototype anak2 kita.

Kita sebagai Guru menyadari sebuah komitmen yang berat :

“Guru harus siap belajar sepanjang hidupnya dan mengajar sepanjang hidupnya!”

Sampai ada peribahasa yang senada

yaitu Guru kencing berdiri, murid kencing berlari….semakin jelek kita…bertambah jelek pula

siswa kita…apakah indikasi ini yang kita jadikan parameter pendidikan Nasional kita?

Diri kita

satu kata yang memberatkan hati dan pikiran bagi orang yang menyukai perubahan…

Dan ini juga beban bagi mereka yang pemalas! Tambah kerjaan,tambah tanggungjawab, dlll yg bikin sumpek…

Gak perlu kita sibuk dengan teori2 pendidikan yang notabene buatan bule…

perlu sih buat referensi akademis aja dan sebagai bahan pembanding, bukan ditelan mentah2…

dan membanggaka-banggakannnya sebagai produk pemikiran terbaik….semua hanya proses!

kita punya hati nurani kok,

Allah telah memberi kita hati dan otak untuk membedakan

mana yang benar dan mana yang salah…

mana yang harus dikerjakan, mana yang harus ditinggalkan….

mana yang baik untuk diri, mana yang harus dibuang…

semua hanya pilihan…pilihan menjadi bechik…atau olo...

Bechik itu seperti orang naik gunung…lelah, capek, berkeringat, terjal,berliku….tetapi sesampai dipuncak yang diinginkan…semua begitu indah dan menakjubkan dalam pandangan kita…

Olo itu seperti orang yang melaju kencang dijalanan menurun menuju jurang tanpa dasar…hitam kelam tak tahu apa yang akan terjadi jika kita sampai didasar…durikah,batu lancip,lahar,arus sungai yang deras yang sewaktu2 menelan kita dan kita baru tersadar saat semuanya berakhir….

Renungkan !

QS 36:65

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.


TAGS


Comment
-

Author

Seorang Guru. Bukan Ustadz. Yang hanya ingin berbagi ilmu dan kemanfaatan bagi sesama. Guru mantan musisi rock n roll yang ingin berguna bagi agama dan negara. Ingin mendekat pada Rabb Semessta Alam tanpa harus menjadi manusia munafik.

Follow Me